SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Sosial, Tenaga Kerta dan Transmigrasi Kabupaten Madiun
Jumat, 11 Maret 2016 - 10:25:44 WIB
PENYERAHAN DANA SANTUNAN KEMATIAN ASKESOS (ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL) KABUPATEN MADIUN

Diposting oleh : TRI WALUYO JATMIKA, S.Sos, MM
Kategori: Balinsos - Dibaca: 316 kali

RILIS BERITA KEGIATAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN MADIUN Mulai Tahun 2016 Pemerintah memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi sektor informal dan / atau bukan penerima upah yang menerima Bantuan Iuran (Premi) Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) misalnya tukang ojek, buruh harian lepas, petani, dll Yang menjadi peserta Askesos ini adalah Pencari Nafkah Utama dalam keluarga yang bekerja pada sektor informal yang berpenghasilan kurang dari Rp. 1.000.000,- (dasar upah terendah nasional) .

Pada tahap awal ini di khususkan untuk keluarga PKH ( program Keluarga Harapan). Tahun ini Perlindungan Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) di Kabupaten Madiun diberikan kepada sejumlah 2.688 (dua ribu enam ratus delapan puluh delapan) orang Kepala Keluarga PKH (program Keluarga Harapan) yang meliputi 8 (delapan) Kecamatan yaitu (Dolopo, Wungu, Saradan, Pilangkenceng, Mejayan,Wonoasri, Balerejo, Jiwan). Manfaat dari Askesos ini adalah memberikan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi pesertanya. Jaminan Kematian (JKM) memberikan manfaat uang tunai yang diberikan kepada Ahli Waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.Sedangkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) memberikan perlindungan atas resiko – resiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh Lingkungan Kerja.

Salah seorang peserta Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) Kabupaten Madiun atas nama Supangat (tanggal lahir 5 September 1965) meninggal dunia pada hari Selasa Tanggal 19 Januari 2016 dengan alamat Desa Jeruk Gulung Rt.22 Rw.04 Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Pada kesempatan ini diserahkan uang santunan sebesar Rp. 24.000.000,- (dua puluh empat juta rupiah) kepada Ahli Waris yaitu Sutiyam (istri) dan 2 anak (Riska Amanda dan Romadhon).

Penyerahan santunan diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan diwakili oleh Bapak Hadi (Bagian Pemasaran) disaksikan oleh Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Madiun Bapak Ir.Marjudhi.M.Si, Kepala Bidang Pengembangan Bantuan dan Perlindungan Sosial Ibu Puji Rahmawati,S.Sos,M.Si, Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan (PKH) dan seluruh Pendamping serta Operator PKH Kabupaten Madiun. Diharapkan dengan uang santunan tersebut dapat meringankan beban keluarga (ahli waris) atas meninggalnya Kepala Keluarga mereka (almarhum Supangat) yang selama ini menjadi pencari nafkah utama keluarga.