SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Sosial, Tenaga Kerta dan Transmigrasi Kabupaten Madiun
Senin, 29 Februari 2016 - 09:45:34 WIB
SOSIALISASI PENYELENGGARAAN KETRANSMIGRASIAN

Diposting oleh : TRI WALUYO JATMIKA, S.Sos, MM
Kategori: Transmigrasi - Dibaca: 334 kali

Telah dilaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Ketransmigrasi oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur di Hotel Aston Jl. Majen Sungkono Nomor 41 Kota Madiun. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten/Kota se Wilayah Badan Koordinator Wilayah I Madiun ditambah beberapa Kabupaten/Kota menyangga kegiatan Ketransmigrasi di Jawa Timur yaitu Kab. Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Sidoarjo, Nganjuk, Blitar, Tulungagung dan Trenggalek.

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut Bpk. Ir. SUKARDO, M.Si menekenkan kepada Kabupaten/Kota agar Lebih selektif dalam seleksi Calon yang akan diberangkatkan. Untuk Eks. Anggota Gerakan Fajar Nusantara (GAFATAR) belum diberikan kesempatan untuk dikirim sebagai Calon Transmigran di Lokasi Pemukiman Transmigrasi.

Sedang Ibu Ir. Rr. RATNA DEWI ANDRIATI, MMA selaku Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans) Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi Republik Indonesia menekankan bahwa Program Transmigrasi merupakan kegiatan Pembangunan dan Pengembangan Wilayah, bukan kegiatan untuk mengatasi permasalah penduduk dan Sosial. Diharapkan Daerah Kabupaten/Kota lebih seltif didalam memilih Calon Transmigran yang akan diberangkatkan ke Lokasi Penenpatan. Calon Transmigrasi harus berasal dari Petani yang memiliki keahlian dan kemampuan plus (Disamping menguasai di bidang pertanian ia harus juga mempunyai ketrampilan  seperti berdagang, pertukangan, wirausaha dan mempunyai semangat untuk mengembangkan Lokasi penempatan),  bukan Calon yang berasal dari Buruh Tani saja. Mereka sangat diharapkan oleh penduduk Lokasi Penempatan untuk menjadi contoh bagi kemajuan Daerah Tujuan karena penduduk Jawa Timur memiliki kemampuan dan keuletan dalam pengembangan Kawasan Transmigrasi tersebut.

Sedangkan Eks. GAFATAR belum ada kebijakan untuk diberangkatkan sebagai Calon Transmigran, karena Program Transmigrasi bertujuan untuk mengembangkan Kawasan Transmigrasi, bukan Program yang menangani permasalahan Sosial seperti GAFATAR.

Demikan arahan Ibu Dirjen PKP2Trans Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi Republik Indonesia.